Tingkatkan Penanganan Covid-19, Wali Kota Riza Falepi Optimalkan Fungsi Seluruh Stakeholder

0
11

Payakumbuh, Newssumbar.com — Perang melawan penyebaran Covid-19 terus gencar dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh. Upaya-upaya strategis dilakukan oleh Wali Kota Riza Falepi dan jajaran demi melindungi masyarakatnya dari penyebaran virus Corona.

Berdasarkan pergerakan data kasus yang terjadi di Payakumbuh saat ini mulai perlahan melandai, Wali Kota Riza Falepi terus memaksimalkan fungsi seluruh stakeholder, termasuk mendapatkan dukungan dari forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda).

Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Payakumbuh yang terdiri Satpol PP, TNI, Polri, Kejaksaan dan instansi lainnya aktif turun ke lapangan untuk melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan (prokes). Tak bosan-bosannya petugas merazia lokasi-lokasi usaha untuk mengecek sarana dan prasarana prokesnya dan memaksimalkan kontrol aktivitas keramaian. Melalui media pun dilakukan upaya himbauan kepada masyarakat.

“Kita juga memaksimalkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro, sesuai instruksi menteri dalam negeri. Pada dasarnya, penanganan Covid-19 harus dari yang zona terkecil dari RT/RW hingga cakupan luas, keterlibatan camat, puskesmas, lurah, hingga jajaran ke bawah sangat penting,” kata Wali Kota Riza Falepi kepada media, Jumat (4/6).

Sementara itu, dari grafik pelaksanaan vaksinasi saat ini mulai meningkat sejak dilaksanakan pada 3 bulan lalu. Masyarakat mulai patuh, taat, dan disiplin dengan anjuran pemerintah. Semangat juang dari puskesmas bersama camat dan lurah mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk ikut vaksinasi sangat diapresiasi oleh Riza Falepi.

“Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh diharapkan terlaksana secara merata kepada masyarakat kami, apalagi lansia yang rentan bisa meninggal karena terpapar Covid-19,” harap Riza.

Riza juga menyampaikan apabila grafik vaksinasi dan tracing kasus terus naik, Pemko Payakumbuh optimis menargetkan ke zona hijau dalam waktu dekat.

“Payakumbuh pernah berada di zona oranye dengan nilai terendah Se-Sumatera Barat pasca lebaran karena naiknya angka kematian akibat Covid-19 dan penambahan kasus positif. Namun dengan penanganan yang baik dengan semua pihak, pada update minggu kemarin, nilainya sudah naik cukup tinggi, 2,21. Dengan begitu kita optimis bisa mengejar target untuk mencapai zona kuning bahkan zona hijau dalam waktu dekat,” kata Riza didampingi Kadis Kesehatan dr. Bakhrizal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh

Riza menginstruksikan agar camat dan lurah aktif mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi di kantor-kantor pemerintahan bersama petugas dari Puskesmas.

“Kita ingin sinergi dan kerjasama yang baik terus dilakukan di kecamatan dan di kelurahan lain, bagaimana mendorong masyarakat untuk bisa ikut vaksinasi sehingga banyak jiwa yang dapat kita selamatkan. Untuk mencapai zona hijau dibutuhkan keseriusan dan kemauan kita bersama, salah satunya dalam menyukseskan program vaksinasi ini, dan kami menghimbau masyarakat jangan gampang terprovokasi serta percaya akan berita HOAX yang beredar terkait vaksin ini. kata Riza.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr. Bakhrizal optimis dengan kemajuan penaganan Covid-19 di Payakumbuh. Dimana saat ini didapatkan kasus yang tidak banyak atau mulai melandai, dan tracing yang cukup baik dilakukan.

“Alhamdulillah tracing kita berjalan bagus, angka kasus positif Covid-19 sudah dibawah 50, dan angka kesembuhan tinggi, bahkan tambahan positif dalam 1 hari hanya dibawah 10 orang,” kata Bakhrizal kepada media, Jumat (4/6).

Diterangkan kadis yang akrab disapa Dokter Bek itu, bila digabung data yang sembuh dan yang positif Covid-19 hingga hari ini Kota Payakumbuh bisa mencapai zona kuning secepatnya, apalagi tidak ada angka kematian yang membuat poin turun.

“Kami tak bosan-bosannya menghimbau warga dengan menganjurkan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan 5M dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” terangnya.

Bakhrizal juga menyampaikan masyarakat juga sudah banyak yang datang ke lokasi-lokasi vaksinasi sehingga saat ini sudah lebih dari 10 ribu vaksin yang tersalurkan.

“Bila vaksinasi berjalan merata dan lancar serta protokol kesehatan selalu diterapkan di Payakumbuh, bukan tidak mungkin kita bisa ke zona hijau jelang Agustus 2021,” ungkapnya. (Humas)

lipsushumasdiskominfopayakumbuh(Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here