Terminal Tipe B Koto Nan Ampek Akan Diaktifkan Kembali

0
93

Payakumbuh – Newssumbar. com, -Aktivitas Pool penumpang PO AKAP di jalan Soekarno Hatta selama ini beroperasi dan beraktivitas tidak sesuai kebijakan yang ada, sehingga akhirnya muncul masukan dari beberapa pihak untuk dapat merelokasi Pool penumpang PO AKAP di jalan Soekarno Hatta untuk dipindahkan ke sekitar pasar tradisional Padang Kaduduak.

Menanggapi atas hal tersebut, maka Walikota Riza Falepi mengeluarkan SK Walikota terkait pembentukan tim koordinasi lalu lintas angkutan jalan terminal dan parkir di jalan umum, Pemko Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan. Dan atas SK Walikota itu, dinas Perhubungan menggelar rapat rencana pemindahan pengelolaan Pool penumpang PO AKAP di jalan Soekarno Hatta.

Rapat yang berlangsung di aula pertemuan Randang lantai 2 kantor walikota tersebut dipimpin langsung Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan Elzadaswarman serta dihadiri oleh OPD terkait, Kabag Ops dan kasat Lantas Polresta Payakumbuh, Kejari jaksa Hadi Saputra, tim koordinasi LLAJ, terminal dan parkir, ketua LPM Tigo Koto Diate, Babhinsa, Babhinkamtibmas, Organda, pengelola bus PO AKAP, karang taruna dan pemuka masyarakat Tigo Koto Diate.

Dengan dimoderatori kepala Dinas Perhuhungan kota Payakumbuh, forum rapat tentang wacana pemindahan pengelolaan Pool PO AKAP di jalan Soekarno Hatta itu dibuka oleh Asisten II Elzadaswarman. Asisten II saat membuka forum mengatakan jika tertibnya sebuah kota dapat dilihat dari berbagai aspek, yakni dari tertib terminalnya serta pasar yang tertib.

“Hal ini saling berkaitan, dan jika kedua aspek ini berjalan dengan semestinya, maka dapat dikatakan kota tersebut telah menjadi kota yang tertib dan ramah terhadap masyarakatnya”, ujar om Zed sapaan akrab Asisten II tersebut.

Om Zed turut menjelaskan jika faktor yang mendasari dilaksanakannya forum rapat ini atas dasar usulan dari pimpinan dalam penertiban bus AKAP yang ada di kota Payakumbuh.

“Iya, penertiban ini menyangkut terhadap dalam segala aspek yang saling berkaitan, sehingga dengan dilangsungkannya forum ini, diharapkan masukan yang diberikan tentu dapat diambil keputusan bersama untuk kebaikan semuanya,” harap om Zed.

Setelah dibuka secara resmi forum rapat wacana oleh Asisten II, peserta yang hadir dalam forum tersebut yang mewakili dari seluruh PO untuk AKAP, Edi atau yang lebih akrab dipanggil Sambodo menyampaikan jika seluruh pengusaha dari PO AKAP sepakat untuk melakukan relokasi seluruh kantor mereka ke terminal tipe B Koto Nan Ampek bukan ke wilayah seputar pasar tradisional pasar Padang Kaduduak.

“Dengan ini tentu kami dari para pengusaha bus PO AKAP ingin sekali kembali dapat melakukan aktivitas bongkar muat penumpang di terminal Koto Nan ampek. Akan tetapi kami juga ingin terminal Koto Nan ampek dapat dilengkapi dengan fasilitas yang semestinya, sehingga baik dari pemilik usaha bus dan penumpang sama-sama merasa aman dan nyaman melakukan aktivitas di terminal kota Payakumbuh ini”, ungkap Edi.

Sementara itu, Kabag Ops Khairil Meidians turut menyampaikan dalam kesiapan dari Polri siap membantu untuk keamanan dalam proses bongkar muat barang di terminal Koto Nan Ampek.

“Dan jika telah aktifnya terminal Koto Nan Ampek dan sudah berjalan dengan semestinya kembali, maka kami akan langsung melakukan penertiban dalam proses bongkar muat barang di seputaran Ibuh, dan proses bongkar muat ini hanya akan berlangsung di terminal Koto Nan Ampek”, terang Kabag Ops tersebut.

Senada dengan Kabag Ops Khairil Meidians, Kejari Jaksa Hadi Saputra mengatakan sangat mendukung untuk diaktifkannya kembali terminal Koto Nan Ampek ini, dan tentunya dengan diaktifkan kembali terminal tipe B Koto Nan Ampek, maka juga harus diiringi dengan kesiapan terhadap penunjang dan fasilitas yang selayaknya, dimana seperti terdapatnya tempat ibadah, toilet umum, serta fasilitas sarana dan prasarana penunjang lainnya”, tandas jaksa Hadi.

Dan setelah menerima banyak masukan dari peserta yang hadir, serta dengan juga telah diambilnya kesepakatan bersama, maka Pemko Payakumbuh melalui dinas Perhubungan akan mengaktifkan kembali terminal tipe B Koto Nan Ampek di jalan Soekarno Hatta terhadap aktivitas dalam bongkar muat barang dan penumpang bagi seluruh Pool PO AKAP yang ada di kota Payakumbuh. (Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here