RANDANG Go INTERNATIONAL TETAP MENGGELIAT DIMASA PANDEMI

0
54

Payakumbuh, – Newssumbar. com, -Geliat Randang payakumbuh di masa Pandemi ternyata tidak menghalangi permintaan pemesanan randang dari dalam dan luar negri

Dialah Budi Indra, seorang tokoh masyarakat indonesia asal Sumatera Barat yang tinggal disana melakukan pemesanan rendang untuk selanjutnya dipasarkan di Hamburg Jerman.
Jalan ini di buka pertama kali oleh Kabid Pemasaranan DISPAR Propinsi Sumatera Barat Agung Indrianto yg ingin membantu bagaimana IKM2 di Payakumbuh tidak hanya terpaku pada pasar lokal saja tapi bisa menembus pasar luar negeri.

Permintaan tersebut langsung disambut hangat oleh F. Takarina atau akrab di sapa Uni Rina pemilik IKM Rendang DAPUR MUTIARA yang berada di Kota Payakumbuh The City Of Randang

“Ini buah dari hasil perjuangan kami selama ini pak ucap rina”

Dari keterangan yang disampaikan oleh Uni Rina bahwasanya selama ini beliau telah melakukan serangkaian proses yang diikuti beliau sebelum rendangnya diterima oleh masyarakat di sana.

Di mulai dengan melakukan pengiriman 4 macan jenis masakan rendang yang dijadikan sample ( contoh) sebagai bahan untuk uji labor di sana

Di Jerman sample rendang tersebut kembali dilakukan uji kelayakan dan kehigenisan oleh pihak yang berwenang disana tukasnya.

Setelah mengikuti se rangkaian proses termasuk uji labornya. Dapur MUTIARA pertama kalinya memenuhi permintaan
pengiriman Rendang beberapa waktu yang lalu terdiri dari 50 kg R. Daging Sapi Iris dan 25 Kg R. Paru Kering dan 25 kg Rendang paru Basah.

Setelah itu timbul ide dan pemikiran dari Komunitas Rang Minang Hamburg, karena ongkos kirim yang cukup mahal dan daging di Eropa lebih murah bgm kalau kita pesan juga Bumbu Pasta dan Bumbu Rendang Untuk pengiriman selanjutnya? Tetapi untuk Rendang Daging tetap menjadi prioritas. Dan terjadilah pemesanan ke dua kalinya 3 macam Produk Andalan Rendang Daging Sapi Iris, Bumbu Pasta, dan Bumbu Rendang produksi Dapur Mutiara dan Juga Rendang Daging Ikosero produksi Sentra Rendang Payo yg milik bersama IKM kota Payakumbuh.
Uni Rina juga mengirimkan sample aneka Produk IKM lainnya seperti Rendang Erika dan Rendang Andira. Uni rina berharap produk produk IKM payakumbuh juga bisa mengisi pasar di Eropa bersama sama apabila ada peluang besar nantinya.

Menurut keterangan dari Uni Rina proses pengiriman kesana memakan waktu kurang lebih 1 bulan, alhamdulillah bentuk dan rasa tidak berubah.

Sesampai di Hamburg Jerman rendang yang dipesan diterima oleh ketua kelompok rang Minang Hamburg Budi Indra selanjutnya didistribusikan kebeberapa teman-teman dan toko dan outlet yang berada di Kota tersebut.

Salah satunya outletnya adalah “Toko Indonesia” kepunyaan warga jerman keturunan Indonesia.

Elsi Djaman dan Suaminya juga sebagai salah seorang tokoh masyarakat Indonesia asal Sumatera Barat juga tidak kalah hebatnya memasarkan produk randang ini.

Rina menyampaikan pengiriman tersebut selalu mengutamakan merk Koperasi Sentra IKM Rendang Payakumbuh IKOSERO

Ditempat terpisah Kadis Nakerperin Kota Payakumbuh Yunida Fatwa menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi nya kepada IKM Dapur Mutiara dan Kabid Dispar Agung Indrianto yang telah berupaya memasarkan rendang sampai ke luar negeri.

Juga ucapan yang sama disampaikan Kadis Yunida Fatwa Ketua Kelompok dan masyarakat Sumatera Barat yang telah mengembangkan pemasaran rendang di Hamburg Jerman.

Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz menyampaikan Atas nama Pemerintah Kota Payakumbuh menyambut baik inisiatif dan upaya yang dilakukan oleh IKM Dapur Mutiara dalam mengembangkan rendang sampai negara internasional.

Wawako Erwin Yunaz berharap kedepannya rendang Payakumbuh menjadi makanan kesukaan paling diminati oleh seluruh masyarakat.

“Inshaallah rendang payakumbuh go internasional tutup Wawako Erwin Yunaz.”(tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here