Jelang Penilaian Kota Sehat Dan Menyambut Idul Adha 1442 H, Wako Riza Falepi Pimpin Goro Di Bantaran Sungai Batang Agam

0
46

Payakumbuh,- Newssumbar. com, Dalam rangka mensukseskan program unggulan yang sudah menjadi agenda dua tahunan dari kementrian kesehatan, yakni program Kabupaten/Kota Sehat, Kota Payakumbuh berperan serta dalam kegiatan tersebut dengan mengikuti Penilaian Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional Tahun 2021. Program ini mencoba mengakomodasi dan mengkoordinasikan berbagai program di tingkat Kabupaten dan Kota (dengan peran aktif masyarakat) sehingga dapat sinkron dan menjelma menjadi daya ungkit besar terhadap kriteria sehat pada segala sektor dan bidang.

Dan untuk menindaklanjuti program tersebut, Pemko Payakumbuh melalui Dinas PUPR sebagai leading sector melakukan gotong royong (goro) bersama seluruh OPD di sepanjang bantaran sungai batang agam. Goro dipimpin langsung oleh walikota Payakumbuh Riza Falepi, Jumat (9/7).

Wako Riza mengatakan kegiatan goro kali ini selain untuk menghadapi persiapan penilaian kota sehat 2021, juga untuk menyambut hari raya Idul Adha 1442 Hijriah. Tentunya tidak ada satupun orang yang senang dan suka melihat situasi yang kotor, apalagi itu di tempat umum, goro yang dilaksanakan ini sebelumnya juga sudah rutin dilakukan oleh dinas terkait, tapi karna ini momen nya juga dalam menghadapi penilaian kota sehat dan menyambut Idul Adha, maka sekalian saja diturunkan perwakilan dari seluruh OPD untuk melakukan goro bersama”, ungkap Riza.

Saat kesempatan goro berlangsung, Wako Riza turut menyampaikan dengan tegas bahwa dalam menghadapi persiapan penilaian kota sehat tingkat nasional ini maka seluruh OPD haruslah siap.

“Tentu banyak hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan dalam menghadapi penilaian ini. Dimana untuk enam tatanan yang ada harus dimantapkan. Tatkala nanti ada yang kurang, OPD terkait harus bertanggung jawab terhadap hal tersebut,” tegasnya.

Lebih lanjut, Walikota menjelaskan semua pihak terkait harus menindak lanjuti apa saja persiapan yang perlu dipersiapkan. Dari enam unsur ini tim pembina dan teknis dari OPD tidak ada kata tidak dijalankan, semua bergerak, dan tentu kita harus optimis bahwa kota Payakumbuh tidak akan kalah dengan kota lainnya,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, kota Payakumbuh sudah meraih dan mempertahankan penghargaan swastisaba wistara untuk ke-7 kalinya. Dan tentu kita sangat ingin mempertahankan penghargaan tertinggi dalam penilaian kota sehat ini, semoga di tahun 2021 kota Payakumbuh dapat membawa pulang kembali swastisaba wisata untuk ke-8 kalinya”, harap Walikota dua periode itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here