HUT-RI Ke 76, Ini Kata Bupati Safaruddin

0
65

Limapuluh Kota, – Newssumbar. com, -upati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mendengar pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-76 tahun 2021 di Ruang Sidang Gedung DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (16/8/2021).

Dalam pidatonya Presiden Joko Widodo mengatakan kemerdekaan yang diraih negara republik Indonesia melalui proses perjuangan di semua medan yang cukup sulit. Perang Gerilya hingga diplomasi dilakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang merdeka.

Dalam pidato itu Presiden Joko Widodo juga menyampaikan resesi dan krisis yang melanda Indonesia sebelum kemerdekaan juga berhasil dilalaui bangsa ini. Selama satu setengah tahun diterpa pandemi Covid-19, telah terjadi penguatan yang signifikan dalam perilaku dan infrastruktur kesehatan kita dan sekaligus penguatan kelembagaan nasional kita.

Kesadaran, partisipasi dan kegotongroyongan masyarakat menguat luar biasa. Kelembagaan pemerintahan lintas sektor dan lintas lembaga negara serta antara pusat dan daerah sampai dengan desa juga mengalami konsolidasi. Hal ini membuat kapasitas sektor kesehatan meningkat pesat dan semakin mampu menghadapi ketidakpastian yang tinggi dalam pandemi.

Sementara itu Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo mengatakan, Provinsi Sumatera Barat merupakan salahsatu wilayah di Indonesia yang banyak melahirkan para pejuang bangsa untuk untuk kemerdekaan. Dari catatan sejarah perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia ketika itu sangat perlu dihargai oleh setiap generasi penerus bangsa.

“Tidak semudah membalikan telapak tangan untuk memerdekakan bangsa ini, ada letusan bedil, meriam dan pekikan. Mari sama-sama menumbuhkan rasa menghargai terhadap perjuangan para tokoh-tokoh perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan.” Sebut Safaruddin usai mendengarkan mendengar pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia.

Ditambahkan Bupati, masa sulit pada fase pandemi COVID-19 yang dihadapi daerah dan seluruh lapisan masyarakat saat ini merupakan perjuangan dan kerja keras pemerintah daerah untuk memulihkan seluruh sektor yang ada. Sesuai yang disampaikan Presiden, pandemi telah mengajarkan bahwa kesehatan adalah agenda bersama. Pandemi telah menguatkan institusi sosial di masyarakat, dan semakin memperkuat modal sosial.

“Kami menghimbau kesadaran dan antusiasme masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan dan aturan pada masa pandemi COVID-19 saat ini. Ini merupakan langkah dan upaya pemerintah pusat hingga daerah untuk memulihkan ekonomi dan kesehatan bangsa,”

Safaruddin juga berharap, pondasi sosial, politik dan ekonomi Kabupaten Limapuluh Kota semakin kokoh setelah menghadapi dan melewati beberapa proses yang cukup sulit pada masa pandemi COVID-19 saat ini.

“Harapan kita bersama untuk kebaikan Kabupaten Limapuluh Kota kedepan. Semoga setiap proses memberikan pembelajaran untuk kebaikan daerah,” tutup Safaruddin.

Hadir dalam Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo, Bupati Limapuluh Kota, Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Dandim 0306/50 Kota, Kapolres 50 Kota, Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Sekretaris Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Organisasi Perangkat Daerah dan tamu undangan lainnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here