HUT RI Ke -76, 42 Napi Kelas II Tanjung Pati Dapat Remisi, Ini Pesan Bupati Safaruddin

0
86

Limapuluh Kota, – Newssumbar. com, -HUT RI ke-76 menjadi momen baik bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan secara umum di Indonesia. Hal itu tertuang pada sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada pemberian remisi umum peringatan HUT RI ke -76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam kesempatan itu, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, Wakil Bupati Rizki Kurniawan dan Kapolres 50 Kota AKBP Trisno Eko Santoso, S.I.K mengunjungi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Tanjung Pati Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (17/8/2021).

Bupati Limapuluh Kota Safarudddin Datuak Bandaro Rajo mengatakan remisi yang diberikan pemerintah terhadap penghuni Lembaga Pemasyarakatan guna memberikan stimulus bagi narapidana agar selalu berkelakuan baik. Lebih disiplin, produktif, dan dinamis. Tolak ukur pemberian remisi tidak didasarkan pada latar belakang pelanggaran hukumnya, akan tetapi didasarkan pada perilaku mereka selama menjalani pidana.

“Seperti kita ketahui bersama dan saya bacakan tadi, remisi merupakan alat untuk memodifikasi perilaku narapidana. Perubahan perilaku ke arah yang lebih baik, ini yang menjadi salahsatu poin remisi itu diberikan,” kata Bupati usai membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada pemberian remisi umum peringatan HUT RI ke -76 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Tanjung Pati.

Bupati juga berpesan, kepada seluruh narapidana dan anak yang mendapatkan remisi pada hari ini agar terus meningkatkan keimanan dan menjadi masyarakat yang taat hukum. Dan kepada petugas jajaran Pemasyarakatan agar selalu melakukan interaksi positif dan komunikasi yang baik kepada seluruh warga binaan.

“Agar selalu diberikan pendampingan dengan baik agar setiap anak penghuni lapas ini ketika bebas memiliki perilaku baik dan bertindak positif.” pungkas Bupati.

Kepala LPKA Kelas II Tanjung Pati Ronald Heru Praptama mengatakan sebanyak 42 anak didik mendapatkan remisi dengan kriteria anak didik pemasyarakatan (Andikpas) yang telah menjalani hukuman di atas tiga bulan. Ia menyebutkan remisi yang didapatkan Andikpas bervariasi dari satu bulan hingga empat bulan pengurangan masa hukuman.

“Satu hingga empat bulan pengurangan. Tidak saja yang menjalani hukuman di atas tiga bulan, namun juga kepada Andikpas yang berkelakuan baik selama menjalani hukuman,” tutup Kalapas Ronald Heru Praptama. (Tim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here