Gedung OPD dan Lapangan Payakumbuh Bugar Di Padang Kaduduak Diresmikan Wako Riza Falepi

0
53

Payakumbuh — Wali Kota Riza Falepi meresmikan gedung kantor baru Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, BPBD, dan Satpol PP dan Damkar serta Lapangan Olahraga Terbuka Payakumbuh Bugar yang sudah selesai dibangun di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kamis (10/12).

Pembacaan ayat suci Alquran membuka kegiatan peresmian yang juga dihadiri Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, Ketua DPRD Hamdi Agus, Wakil Ketua DPRD Armen Faindal, Anggota DPRD Wirman Putra, Sekretaris Daerah Rida Ananda, Asisten Setdako, Kepala OPD, dan tokoh masyarakat setempat.

Wali Kota Riza Falepi mengatakan menjadi sebuah kebanggaan baginya untuk bisa membangun dengan standar yang baik, dirinya memberi ultimatum kepada kontraktor untuk tidak bisa main-main dengan pekerjaan, karena
hasil kerjanya dites di laboratorium.

“Kita ingin yang sesuai realita, ini adalah bagian dari pelayanan, sebuah good governance, kita lihat dulu pembangunan trotoar seperti asal lekat saja. Makanya kita ubah menjadi cantik seperti yang di pedestrian area di pasar, kan enak mata memandangnya dan orang nyaman,” kata Riza.

Riza juga menyampaikan kalau standar lapangan Payakumbuh Bugar dibangun dengan kualitas nasional dan internasional.

“Membangun tidak mudah, mari rawat sama-sama, apalagi membangun dengan kualitas baik itu sangat tidak mudah. Banyak hal masih kekurangan, mudah-mudahan pemimpin yang sesudah saya nanti lebih baik lagi,” pesan Riza.

Riza memaparkan, fasilitas yang dibangun dalam rangka memberikan standar baru terhadap pelayanan. Menurutnya yang “salamo ko cayah se sadonyo” dapat diubah. Seperti membuat KTP-el, sekarang di Payakumbuh kalau syaratnya lengkap cuma 5 hingga 15 menit saja.

“Mal Pelayanan Publik saja kita bangun dengan biaya murah,” kata Riza yang lulusan S2 ITB itu.

Riza juga menyampaikan kedepan di sekolah Payakumbuh bakal dipasang fiber optik, guru mengajar lewat ruang tertentu yang khusus agar kualitas pendidikan semakin baik. Kehadiran fiber optik itu sangat cocok digunakan terutama dalam aplikasi sistem telekomunikasi.

“Kita bangun fiber optik dalam dua tahun ini, berangsur-angsur pemanfaatan teknologi di Payakumbuh kita harapkan seperti kota-kota besar,” ungkap Riza.

Disaat membangun Gedung, Riza tidak melupakan penghijauan. Malah sering memimpin langsung penanaman pohon yang bakal menambah keasrian lingkungan. Sepertinya Wali Kota Riza ingin memberikan edukasi kepada pelaku usaha, saat membangun gedung harus memperhatikan aspek lingkungan atau ruang terbuka hijaunya juga, karena itu sangat penting.

Sementara itu, Kadis PUPR Muslim dalam laporannya memaparkan pembangunan itu dilatarbelakangi karena masih ada OPD belum punya kantor representatif dan diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan dengan kondusif tempat bekerja aparaturnya.

“Pemikiran dari wali kota juga agar di setiap kecamatan kalau bisa ada lapangan olahraga terbuka, dan itu sudah dimulai di Payakumbuh Utara. Ini merupakan langkah kongkrit pencapaian RPJMD Kota Payakumbuh,” kata Muslim.

Pembangunan gedung kantor baru 4 OPD tersebut dimulai pada Februari 2020 lalu, menelan biaya lebih kurang Rp. 6,8 miliar dari APBD Kota Payakumbuh. Dilaksanakan oleh CV. Sinamo Jaya yang merupakan milik putra asli Nagari Koto Nan Godang di lahan seluas 1800m².

Gedung ini dilengkapi aula berkapasitas 150 orang di lantai 2nya, lalu ada ruang rapat, toilet yang nyaman, serta tangga miring sebagai akses disabilitas.

“Pengujian mutu sudah dilakukan terhadap pekerjaan, apabila ditemukan tidak sesuai, maka harus diperbaiki, kita juga sudah memakai Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), ialah bagian dari sistem secara keseluruhan yang meliputi struktur organisasi, perencanaan, tanggung-jawab, pelaksanaan, prosedur, proses dan sumber daya yang dibutuhkan bagi pengembangan, penerapan, pencapaian, pengajian dan pemeliharaan kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam rangka pengendalian resiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif,” kata Muslim.

Sementara itu, Ketua KAN Koto Nan Gadang ARP Dt. Patiah Nan Baringek menyampaikan apresiasi kepada Wako Riza atas pembangunan di kawasan Padang Kaduduak. Dirinya menyebut ini akan menjadi pusat perekonomian baru di Payakumbuh.

“Uang rakyat dipakai untuk kepentingan rakyat. Sebagai warga, kami mengucapkan terimakasih kepada Pemko dan DPRD. Bangga rasanya pembangunan dapat dirasakan,” ujarnya.

“Ambo taingek maso ketek dulu biasonyo main bola di tongah sawah jo limau. Kini fasilitasnyo rancak, anak mudo bisa terhindar dari pangaruah negatif,” ujarnya dengan logat khas Koto Nan Gadang.

Dipesankan oleh Dt. Patiah Nan Baringek dimana pembangunan telah dirasakan, tapi niniak mamak berpesan agar pembangunan yang ada tidak merubah struktur budaya dan nilai di tengah masyarakat Koto Nan Godang.

“Membangun dan demi kemajuan di tengah budaya kita. Di bawah kepemimpinan Riza, pembangunan merata, ada di setiap kecamatan. Bahkan dengan adanya UNP nanti di kawasan ini, akan meningkatkan perekonomian warga. Terimakasih sudah menservice dengan baik,” katanya dihadapan tamu undangan. (Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here