Bina dan Evaluasi, Pemko Payakumbuh Siapkan Kelurahan Tanjung Pauh Raih Juara di Tingkat Provinsi Sumbar

0
46

Payakumbuh, -Newssumbar.com,-Pembinaan dan pengawasan oleh Pemerintah pusat maupun daerah merupakan salah satu bentuk dalam melaksanakan evaluasi atas apa yang telah berlangsung ditengah masyarakat, sebagaimana hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, melalui penyelenggaraan Lomba Desa dan Kelurahan.

Dengan merujuk Permendagri tersebut, maka dilaksanakan lomba kelurahan berprestasi di tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2021. Dan dalam hal ini Kota Payakumbuh turut ambil andil dengan mengutus Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat.

Kegiatan pertemuan bersama perwakilan dari masyarakat kelurahan Tanjung Pauh yang bertempat di SDN 29 kelurahan Tanjung Pauh itu dihadiri oleh staf ahli walikota Elvi Jaya, Herlina, kepala dinas sosial Erwan, sekretaris DP3AP2KB Ipendi, sekretaris dinas Koperasi dan UKM Ibrahim, kepala bagian Pemerintahan Aplimadanar, kepala bagian protokol dan dokumentasi Nalfira, serta didampingi lurah Tanjung Pauh Lidya Nugrahmi.

Staf Ahli Walikota Elvi Jaya saat menyampaikan sambutannya jika sebelum menghadapi masuk penilaian oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Barat pada Senin 14 Juni 2021 mendatang, maka kelurahan Tanjung Pauh yang merupakan Juara Lomba Kelurahan Tingkat Kota Payakumbuh pada tahun 2020 yang di selenggarakan oleh bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh akan diberikan pembinaan dalam menghadapi penilaian nanti.

“pemenang lomba kelurahan pada tingkat kota ini diusulkan untuk mewakili Kota Payakumbuh dalam ajang Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatra Barat di tahun 2021 ini”, ucap Staf Ahli Walikota Elvi Jaya, Kamis (10/6), saat menyampaikan sambutan dalam agenda pembinaan terhadap masyarakat kelurahan Tanjung Pauh untuk menghadapi penilaian kelurahan berprestasi Provinsi Sumatra Barat tahun 2021.

Sebelum menghadapi penilaian dari tim penilai provinsi Sumatra Barat, bagian Pemerintahan Setdako lakukan pembinaan terhadap Kelurahan Tanjung Pauh dalam mempersiapkan segala hal untuk dapat meraih kelurahan terbaik di tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2021.

Adapun indikator penilaian Lomba Kelurahan berprestasi tingkat Sumatra Barat tahun 2021 ini didasarkan pada indikator penilaian yang terdapat dalam Lampiran Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 yang meliputi pada tujuh aspek bidang penilaian, yakni meliputi :

1.  bidang pemerintahan
2.  bidang kewilayahan
3.  bidang pendidikan
4.  bidang kesehatan
5.  bidang ekonomi
6.  bidang PKK
7.  bidang kelembagaan dan partisipasi masyarakat 

Sementara itu ditempat terpisah, camat Payakumbuh Barat Junaidi yang dihubungi via Phone mengatakan jika kelurahan Tanjung Pauh sudah melaksanakan persiapan untuk menghadapi penilaian yang akan dilakukan oleh provinsi Sumatra Barat nantinya.

“Dan seluruh elemen yang ada di seluruh kelurahan saat ini ikut ambil andil dan turut berpartisipasi dalam menghadapi lomba ini untuk membawa kelurahan Tanjung Pauh menjadi pemenang di tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2021”, ungkap Junaidi.

Dan dalam kesempatan tersebut, Junaidi juga menyampaikan jika di akhir minggu ini pihak dari kecamatan dan seluruh kelurahan di Payakumbuh Barat akan melaksanakan turun lapangan untuk memaksimalkan kelurahan Tanjung Pauh dalam menghadapi penilaian kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatra Barat. (Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here